Berita

BAZAR KEWIRAUSAHAAN SMA BRIGJEND KATAMSO-1 2019

Program kewirausahaan merupakan strategi pendidikan di SMA Brigjend Katamso-1 untuk memperkenalkan konsep kewirausahaan, latihan mengembangkan usaha, mendapatkan pengalaman praktis berwirausaha, menumbuhkan minat berwirausaha dan mengembangkan potensi berwirausaha peserta didik.

Kewirausahaan dalam ranah pendidikan tidak hanya dikembangkan untuk menghasilkan manusia terampil intelektual, tetapi juga inpiratif-pragmatis. Oleh karena itu, pendidikan kewirausahaan SMA harus menjadi alternatif dalam mempersiapkan lulusan yang mampu menerapkan dan mengelola peluang usaha serta mampu menyesuaikan diri agar berhasil dalam kehidupan bermasyarakat.

Program kewirausahaan ini juga berorientasi pada berubahan pola pikir dan perilaku peserta didik yaitu keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS = Higher Order Thinking Skills) yang mampu melihat potensi lokal, menganalisis, mengevaluasi, mengubahnya menjadi peluang mencipta dan kemampuan memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di sekitarnya sehingga terbentuk perilaku inovatif yang berwawasan lingkungan sekitarnya.

Program kewirausahaan yang dikembangkan  di SMA diarahkan untuk menggali dan mengembangkan potensi/keunggulan lokal. Untuk mendukung dan mengembangkannya Pemerintah memberikan dana bantuan ke sekolah-sekolah SMA sebanyak 12.849 sekolah yang ada di seluruh Indonesia. Untuk wilayah Sumatera Utara sendiri dana bantuan diberikan kepada 1035 sekolah. SMA Brigjend Katamso-1 merupakan satu-satunya sekolah mewakili kota Medan yang dipercaya mampu mengembangkan potensi kewirausahaan peserta didik dan potensi lokal.

Bazar

 Hal inilah yang melatarbelakangi kembali terselenggaranya acara Bazar Kewirausahaan di SMA Brigjend Katamso-1 Medan.  Acara yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 30 November 2019 pukul 09.00 wib berlangsung dengan sukses dan lancar. Acara yang bertemakan “Generasi Muda berwirausaha Mandiri, Kreatif, dan Inovatif” ini, diikuti oleh 59 stand baik itu makanan maupun minuman. Mulai dari makanan berat seperti nasi uduk, nasi kuning sambal merah, lontong kacang, mie rebus, mie level dan lainnya. Sedangkan makanan ringan seperti keripik pisang variasi, keripik kentang balado, peyek  udang kecepe, ubi pasir crunchy, telur gulung, martabak telur jamur tiram dan lainnya. Serta berbagai minumam segar hasil kreasi siswa seperti jelly sugar rainbow, sweet mango, es kelapa jeruk, banana choco cheese dan masih banyak lagi. Pembelian produk ini dilakukan dengan menggunakan kupon yang telah disediakan oleh panitia, mulai dari kupon Rp. 5.000, Rp. 10.000, Rp. 15.000, dan kupon Rp. 20.000. Terlihat dengan jelas pengunjung yang ramai memadati tiap stand yang ada. Pengunjung juga terlihat menikmati acara ini.

Acara yang dimulai dengan pertunjukan silat sebagai penyambutan kedatangan Yayasan yaitu Bapak Maha Upasaka Phoa Krishnaputra beserta Ibu Caroline Kapayos Krishnaputra, Bapak Andy Krishnaputra beserta ibu, Bapak Udayo Untarya, Bapak Sures, Bapak Alvin. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” serta pembacaan doa atas rasa syukur meminta perlindungan dan kelancaran acara. Kemudian acara dilanjutkan dengan penampilan tari grand opening oleh Sanggar Tari SMA Brigjend Katamso yang sudah tidak diragukan lagi penampilannya karena berulang kali mendapatkan juara dalam perlombaan. Selanjutnya kata sambutan oleh PJP Fina Futria Sitorus, ia megatakan bahwa“diharapkan siswa SMA Brigjend Katamso Medan setelah menyelesaikan pendidikannya di SMA ini tidak hanya bisa melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri tetapi mampu membuka lapangan kerjanya sendiri dengan membuka suatu usaha yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat karena sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain” Kemudian acara dilanjutkan oleh penampilan yang dinanti-nantikan yaitu tari Komando oleh ekskul PASKIBRA.

Penampilan ini merupakan penampilan perdana bagi anak-anak tari Komando mengenakan pakaian seragam terbaru mereka yang diberikan oleh sekolah dan Yayasan, yang ditempahkan khusus bagi anak-anak yang berprestasi.  Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Kepala-sekolah SMA yaitu Bapak Darwin Surbakti, M.M, beliau mengatakan ucapan syukur atas terpilihnya SMA Brigjend Katamso-1 menjadi sekolah yang dipercaya untuk mengembangkan potensi peserta didik dan potensi lokal serta ucapan terima kasih kepada setiap pihak yang telah bekerja keras sehingga acara ini dapat dilaksanakan dengan baik.

Selanjutnya, penampilan tari mancanegara dan tari China yang dibawakan dengan sangat indah. Oleh siswa SMA Brigjend Katamso Medan. Kemudian kata sambutan oleh ketua yayasan sekaligus pembukaan Bazar Kewirausahaan  oleh Bapak Udayo Untarya serta penyambungan pita yang juga didampingi oleh Bapak Andy Krishnaputra, Bapak Darwin Surbakti  sebagai simbol Kewirausahaan yang terus berlanjut dan dapat menciptakan lapangan kerja sendiri. Kemudian dilanjutkan dengan pelepasan balon olehIibu Caroline Kapayos Krishnaputra dan pemotongan pita oleh Pendiri Yayasan Perguruan Nasional Brigjend Katamso Medan oleh Bapak Maha Upasaka Phoa Krishnaputra dan didampingi oleh seluruh pengurus yayasan, kepala sekolah SMA dan panitia acara.

Acara bazar berlangsung dengan sangat meriah dengan berbagai tampilan bakat dan kreativitas siswa SMA Brigjend Katamso-1 bahkan alumni juga berkesempatan untuk menampilkan bakat mereka. Tidak hanya itu, cara ini juga didukung oleh orang tua siswa yang terlihat menghadiri acara tersebut. Acara ini juga dihadiri oleh masyarakat sekitar yang dengan antusias ikut berbelanja dan menikmati acara. 

Galeri Foto : https://photos.app.goo.gl/gyNKCT8PnSLDLcxs5

Berita Facebook : https://www.facebook.com/brigjendkatamso.sch/videos/2408284622770902/