Berita

Bazar Kewirausahaan SMA Brigjend Katamso I 2017

        Gebyar meriahnya pagelaran Festival Bazar Kewirausahaan SMA Brigjend Katamso telah terlaksana dengan lancar dan sukses pada tanggal 16 Desember 2017. Acara yang menjadi salah-satu agenda rutin setiap tahunnya sejak 2016 ini disambut dengan antusias tidak hanya oleh para siswa, guru namun juga oleh orang-tua dan masyarakat sekitar (Sunggal). Hal ini dikarenakan program kewira-usahaan sangat bermanfaat bagi generasi muda pada era globalisasi ini. Program ini berpotensi untuk menciptakan peserta didik yang tidak hanya unggul dalam pengetahuan, tetapi juga dapat membuka peluang kerja, memupuk sifat kemandirian dan kepemimpinan serta menngembangkan semangat dan kemauan keras. Bazar Kewirausahaan ini senada dengan Instruksi Presiden No 4 Tahun 1995 tentang "Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan." 

           Kegiatan ini dimulai dari pencarian ide kreatif yang langsung diseleksi oleh para wali kelas masing-masing peserta didik. Ide yang disetujui kemudian diobservasi kembali dalam hal menyangkut peluang usaha, target penjualan, bahan baku, harga bahan pokok, cara penjualan dan masih banyak lagi. Peserta didik yang terdiri atas 3 kelompok setiap kelasnya, kemudian perlu menyusun proposal untuk ditentukan apakah layak untuk diterima atau tidak. Proposal yang telah disetujui mendapatkan dana yang perlu dipertanggung-jawabkan dalam setiap penggunaannya. Adapun produk-produk yang dipasarkan oleh para siswa dalam kegiatan bazar ini meliputi antara lain: sablon gelas, bingkai jam, baju hingga piring hasil kreasi/desain sendiri, tidak luput pula produk hidroponik sayuran yang sering dikonsumsi masyarakat dan juga aneka produk makanan yang cukup variatif dan masih banyak lagi.

           Dalam kegiatan bazar ini, seluruh aktivitas jual-beli dilakukan dengan menggunakan media alat-tukar berupa kupon khusus dalam berbagai pecahan nominal. Cara penyebaran kupon dilakukan dengan melalui beberapa cara, antara lain penyebaran melalui wali kelas, guru dan peserta didik sendiri; yang selanjutnya menyebarkan melalui teman, orang-tua dan masyarakat sekitarnya. Selain berwirausaha, para siswa juga diajarkan untuk bertanggung-jawab atas produk kelolaannya, dana serta pemanfaatan waktu. Rasa bertanggung-jawab para siswa dapat terlihat dalam pemanfaatan dana dan label produk, dekorasi stand; dimana semuanya dikerjakan oleh para siswa sendiri tanpa mengganggu aktivitas belajar di sekolah.

         Acara Bazar yang pembukaannya diresmikan oleh Bapak Pendiri Yayasan Perguruan Nasional Brigjend Katamso, Bapak M.U. Phoa Krishnaputra ini, dikemas secara kreatif dan diisi dengan berbagai acara seperti tari-tarian yang disajikan secara megah oleh Sanggar ​Seni Budaya SMA Brigjend Katamso​ (SSBK-SMA)​, yang sudah beberapa kali memperoleh gelar juara I tingkat SMA se-Sumatera Utara ​(lihat penampilannya di PENAMPILAN SSBK SMA - Kewirausahaan 2017-12-16)dan juga disertai program lainnya (nyanyian, pertunjukan atraksi kungfu oleh alumni, peragaan busana dari bahan bekas dan termasuk juga penampilan bintang tamu dari salah satu ajang pencarian bakat di Indonesia). Dalam kata sambutannya, Ketua Pengurus Yayasan (Bp. Udayo Untarya Wijaya, ST) menghaturkan apresasi kepada Unit SMA Brigjend Katamso, khususnya Kepala Sekolah, Bp. Darwin Surbakti, MM beserta jajarannya, yang telah berhasil menyelenggarakan event Kewirausahaan untuk kedua kalinya secara berturut-turut setiap tahunnya, terutama dalam kaitannya dengan skala intensitas penyelenggaraan yang lebih besar untuk tahun 2017 ini.  Kesuksesan dari event kegiatan ini juga tidak terlepas dari kerja-keras & ketelitian penanggung-jawab bazar, yaitu Ibu Fina Futria Sitorus, S.Pd dan tim.