Berita

KEMERIAHAN FESTIVAL BAZAR KEWIRAUSAHAAN KE-III SMA BRIGJEND KATAMSO MEDAN

Festival Bazar Kewirausahaan SMA Brigjend Katamso-1, tahun 2018 mengambil tema “Marilah kita tumbuh kembangkan jiwa enterpreneurship yang berkarakter dan berakhlak mulia”. Acara ini diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 15 Desember 2018. Tujuan utama dari Bazar ini bukan semata-mata untuk mencari keuntungan melainkan menanamkan jiwa kewirausahaan yang berkarakter dalam diri para siswa–siswi. Festival ini juga dihadiri oleh orang tua, alumni dan masyarakat yang ada di sekitar wilayah Sunggal.

Sesuai dengan Intruksi Presiden No. 4 tahun 1995 tentang “Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan”, Festival Bazar ini merupakan acara tahunan yang sudah ketiga kalinya disellenggarakan dimana pada tahun 2016, SMA Brigjend Katamso-1  Medan menjadi salah satu sekolah yang terpilih dari seluruh Indonesia dalam Program Pemerintah yaitu Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan di tingkat SMA.

Setelah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan persembahan  Tarian Tapanuli Selatan, Ibu Fina Futria Sitorus, S.Pd selaku Pejabat Pelaksana Kewirausahaan mengawali kata sambutannya, bahwa festival bazar ini merupakan wadah bagi siswa untuk menumbuh-kembangkan kemampuan entrepreneurship yang berkarakter, berinisiatif, semangat kerjasama, bertanggung-jawab, gigih dan fokus terhadap target yang ingin dicapai.

     kewirausahan 2018 SMA kewirausahan 2018 SMA

Acara selanjutnya dikemas secara apik dan memukau dengan mengkolaborasikan seluruh tarian dari Indonesia serta memadukan unsur–unsur tradisional dan modern dalam tarian Grand Opening oleh Sanggar Tari SMA Brigjend Katamso-1(*). Dalam kata sambutannya, Kepala SMA Brigjend Katamso-1, Bapak Drs. Darwin Surbakti, MM mengatakan bahwa kegiatan ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi pengangguran dan untuk mengubah pola pikir siswa, orang tua dan masyarakat agar tidak melulu hanya mengacu kepada jenjang Pegawai Negeri Sipil; melainkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Kegiatan ini sejalan dengan arahan dari Bapak Presiden RI yang menyatakan bahwa perlu adanya percepatan kewira-usahaan di Indonesia yang sudah jauh tertinggal dibandingkan dengan negara maju dan oleh sebab itu, Yayasan Perguruan Nasional Brigjend Katamso mendukung kegiatan ini dan memberi apresiasi atas terselenggaranya acara tersebut, demikian dikemukakan oleh Bapak Udayo Untarya Wijaya, ST, selaku Ketua Yayasan sebelum kemudian memukul gong sebagai tanda dibukanya secara resmi festival bazar kewirausahaan SMA Brigjend Katamso-1. Pelepasan Balon dilakukan oleh Ibu Phoa Krishnaputra dan didampingi oleh Bapak John Krishnaputra dan dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh pendiri Yayasan Perguruan Nasional Brigjend Katamso Medan, Bapak Maha Upasaka Phoa Krishnaputra, didampingi oleh Pengurus Yayasan dan Kepala Sekolah.

kewirausahan 2018 SMA

Festival Bazar ini diikuti oleh 46 stand yang terdiri dari stand makanan, minuman dan sablon gelas. Peserta yang berpartisipasi mulai dari siswa kelas X, XI, XII dan guru. Stand makanan terdiri dari berbagai olahan kreasi siswa seperti Nasi Goreng, Martabak Telur, Lontong Kacang, Brownies Pokat, Jamur Crispi, Mie Becek,  Puding Ceria, Siomay, aneka keripik dan lain sebagainya; sedangkan stand minuman menjual aneka jenis minuman seperti Bembeng Milk Shake, Sweet Manggo, Ice Float, Green Tea, Thai Tea , Tea Tarik, Soup dan Soto Buah, Cappucino Susu,  Ice cream goreng dan lainnya. Acara ini dimeriahkan oleh penampilan Muchlas Setiawan, alumnus SMA Brigjend Katamso Medan angkatan 2010, yang berhasil lolos sebagai finalis ajang pencarian bakat D’Academy 2 Indosiar. Keseluruhan bazar ini berlangsung dengan meriah dan lancar dilihat dari larisnya penjualan produk setiap stand. Semoga acara ini dapat memotivasi siswa untuk lebih kreatif, inovatif dalam mengembangkan setiap ide–ide kewirausahaan pada masa yang akan datang. 

(*) Sanggar Tari SMA Brigjend Katamso-1 yang diasuh oleh Bapak Purnomo Susilo (guru kesenian), melalui Tarian Melayu pernah memenangkan Juara 1 Lomba Tari Tradisional pada acara Bing Bang Go To School Cinta Budaya Sehat yang diadakan oleh Mixagrip dan Radio New Alnora (2018).

Foto kegiatan dapat diakses :http://bit.ly/2GkOmOH