Berita

KUNJUNGAN ALLIANCE FRANCAISE & CAMPUS FRANCE MEDAN

Pada Hari Rabu, tanggal 17 Oktober 2018, Campus France* bekerja-sama dengan Alliance Francaise Medan ** melakukan kunjungan ke Perguruan Nasional Brigjend Katamso, Kampus Sunggal. Adapun tujuan kunjungan dari kedua institusi tersebut, yang diwakili oleh Ms. Anne-Lise MERCIER, Ms. Junita Togatorop (berturut-turut sebagai Direktur dan Koordinator Pendidikan - Alliance Francaise Medan) serta Ms. Indri Novita Sari (penanggung-jawab Campus France Medan), adalah untuk melakukan sosialisasi tentang informasi studi ke Perancis, khususnya untuk siswa-siswi SMA Kelas XII.

Sebagai negara yang terkenal dengan dunia seni dan mode, ternyata negara Perancis menawarkan paket perkuliahan yang tergolong cukup kompetitif dalam hal biaya, bila dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya. Prancis, sebagai salah satu negara dengan perekenomian 10 besar di dunia, tentunya calon calon mahasiswa akan mempunyai cukup banyak pilihan jurusan yang bisa ditempuh melalui jalur pendidikan di sana; yang  mana sebagian besarnya di-subsidi oleh pemerintah Perancis melalui universitas negerinya.

alliansi france

Selain itu, Alliance Francaise Medan juga memberikan sosialisasi tentang eksistensi institusinya dalam memberikan pelatihan berbahasa Perancis lengkap dengan sertifikasi resminya (DELF & DALF) dan juga tentunya program/kegiatan kesenian & kebudayaannya yang rutin digelar di kota Medan. Acara presentasi berlangsung kurang-lebih 1,5 jam, dihadiri oleh Pengurus Yayasan Perguruan Nasional Brigjend Katamso (bapak Udayo Untarya Wijaya, ST, bapak Sures, SE & bapak Drs. Muhammad Ali) dan juga oleh Kepala Sekolah SMA (bapak Drs. Darwin Surbakti, MM) diselingi dengan tanya & jawab berhadiah, pemutaran video singkat testimoni kehidupan para mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Perancis dan foto bersama.

*) Campus France adalah institusi Prancis untuk promosi pendidikan tinggi, pendampingan dan mobilitas bagi mahasiswa asing yang akan melanjutkan pendidikan ke Prancis untuk jenjang D3, S1 s/d S3.

**) Alliance Francaise de Medan (AF Medan) merupakan bagian dari Alliance Francaise Foundation di Paris serta berada di bawah naungan Institut Francais d'Indonesie (IFI), sebuah jaringan luas yang terkenal dalam profesinalisme dan keahlian dalam pengajaran Bahasa Prancis.