Berita

KUNJUNGAN KE OBSERVATORIUM ILMU FALAK (OIF) DAN PLANETARIUM UMSU

Pada tanggal 26 Nopember 2018, siswa-siswi SD Brigjend Katamso-2 (kelas VI) berkunjung ke Observatorium Ilmu Falak (OIF) dan Planetarium UMSU yang terletak di Jl. Denai No 217 Lt. 7 Gd Pascasarjana UMSU, Tegal Sari Mandala II, Medan Denai, Kota Medan, Sumatera Utara 20226.

UMSU (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara) merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta di Indonesia yang memiliki fasilitas observasi terlengkap mengenai astronomi seperti pengamatan tentang gerhana matahari dan gerhana bulan serta juga kegiatan melihat hilal dan menentukan kiblat. Observatorium Ilmu Falak dan Planetarium UMSU ini menyuguhkan konsep planetarium yang sangat menarik minat para pengunjung, terutama para siswa.

                 Oif       study tour

Dengan didampingi oleh guru pembimbing dan pemandu dari pihak universitas, para siswa memperoleh informasi tentang berbagai macam benda langit mulai dari planet, matahari, bulan, dan bintang; selain itu,  siswa juga diperkenalkan tentang peristiwa alam seperti gerhana matahari dan gerhana bulan. Merupakan pengetahuan baru bagi siswa bahwa ternyata bintang memiliki tempat pembentukannya sendiri, antara lain yang disebut sebagai Nebula Carina (kawah-awan) dan bintang juga akan musnah dengan sendirinya. Kemudian para siswa juga diperkenalkan mengenai NASA dan Teleskop Hubble yang diterbangkan ke luar angkasa untuk meneliti kejadian–kejadian di luar angkasa. Keseluruhan kegiatan dikemas secara menarik melalui media audio visual dengan ruangan yang dikemas seperti bioskop, sehingga menambah antusiasme siswa mengikuti kegiatan yang berlangsung.

Selanjutnya para siswa diajak masuk ke ruangan peralatan. Di ruangan ini, siswa melihat langsung berbagai macam peralatan astronomi seperti teleskop, kompas, jam matahari, dan lain-lain. Di bagian dinding ruangan juga ditempelkan berbagai macam foto-foto peristiwa alam seperti  berbagai macam fase bulan, peristiwa gerhana matahari, dan gerhana bulan. Siswa juga diperkenankan mengunakan alat–alat serta mengetahui dan mempelajari fungsi kegunaannya. Kemudian para siswa dibawa ke taman planetarium. Di sini, siswa dapat mencoba menggunakan teleskop untuk melihat matahari juga melalui kaca-mata matahari. Berfoto bersama di taman planetarium yang berisi planet-planet yang tersusun rapi. Siswa juga dapat berfoto tiga-dimensi serasa menggunakan baju astronot.

Kunjungan ini diharapkan menambah khasanah ilmu serta menambah minat para siswa di bidang ilmu pengetahuan alam.

Foto Kegiatan dapat diakses : https://photos.app.goo.gl/gGpXkLYN7qq9wfrL7