Berita

KUNJUNGAN SEKOLAH HILLSIDE WORLD ACADEMY INTERNATIONAL SCHOOL OF SINGAPORE

Pada tanggal 27 April 2017, Perguruan Nasional Brigjend Katamso (kampus Sunggal/Katamso-1) menerima kunjungan siswa sekolah menengah pertama dari Hillside World Academy (HWA) International School of Singapore. Sebanyak 26 murid dan 2 orang guru, dipimpin oleh Wakil Kepala Sekolah Mr. Poh Leong Joo, berkesempatan untuk berbagi dengan para siswa Sekolah Brigjend Katamso dan para guru dan kepala sekolah: beberapa presentasi tentang profil & filosofi yang terdapat di Sekolah HWA Singapore dan juga tentang pengetahuan bahasa, tradisi dan kebudayaan China. Kegiatan berlangsung di Hall Sasana Budaya. Sementara itu, dari sisi sekolah Brigjend Katamso (unit SMP), ditampilkan berbagai atraksi kesenian berupa tari-tarian tradisional, vocal group dan juga anak-anak dari Unit TK ikut menunjukkan kebolehannya menyanyikan lagu-lagu bernuansakan nilai-nilai kemanusiaan. Sebelum makan siang bersama di alam terbuka, di bawah kerindangan pepohonan di Taman Sai Ganesha; para siswa HWA diajak berkeliling ke ruangan kelas  yang ada di Sekolah Brigjend Katamso. Selanjutnya rombongan menyempatkan diri untuk berkunjung ke Panti Asuhan Sai Prema dan juga ke Graha Maria Annai Velangkanni,  yang terletak tidak jauh dari Sekolah Brigjend Katamso Sunggal.
Kegiatan serupa diadakan keesokan harinya, pada tanggal 28 April 2017, dengan mengambil tempat di Kampus Marelan/Katamso-2. Dalam kesempatan itu, selain pertunjukkan tarian tradisional dan vocal group, siswa SMP Katamso-2 juga unjuk kebolehan dengan melakukan presentasi dalam Bahasa Mandarin. Para siswa dari HWA School Singapore selain menggunakan format presentasinya, mereka juga menampilkan secara live contoh permainan tradisional yang cukup populer di China, yaitu yang dinamakan "The Eagle and Mother Hen Game" (Permainan Elang dan Induk Ayam). Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Mahkota Research Centre, dimana para siswa diberi penjelasan tentang pembudi-dayaan aneka tanaman yang ada. Setelah acara makan bersama, para siswa diajak berkunjung ke Maha Vihara Maitreya, yang terletak di komplek perumahan Cemara Asri. 
Kunjungan singkat ini membawa manfaat positif dimana masing-masing sekolah dapat saling belajar & saling bertukar nilai & praktek penyelenggaraan pendidikan yang ada di masing-masing institusi. Sampai jumpa dalam kunjungan berikutnya.
Dokument Foto Foto :