Berita

Kunjungan Siswa SMK Brigjend Katamso II ke Redaksi Harian Analisa

       Dalam rangka Study Tour untuk mata pelajaran PPKn dengan materi “Pers Yang Demokrasi”, pada hari Senin, 19 Februari  2018, para siswa SMK Perguruan Nasional Brigjend Katamso II melakukan kunjungan ke Redaksi Harian Analisa. Kunjungan dilakukan dengan maksud agar siswa-siswi dapat melihat secara langsung pembuatan berita di media cetak guna mendorong minat belajar siswa. Kunjungan ini didampingi oleh kepala sekolah SMK, Bapak Diska Disten, S.Pd dan guru mata pelajaran PPKn, Bapak Nanang,SH.

       Pada kesempatan ini Sekretaris Redaksi Harian Analisa, Bapak War Djamil,SH mengungkapkan bahwa informasi sangat penting bagi para pe­lajar, terle­bih yang berkaitan dengan penge­tahu­an dan pelajaran di sekolah, sehingga wawasan siswa akan semakin bertambah luas. Me­dia juga berperan dalam meningkatkan kualitas pendi­dikan.

        "Fungsi pers yaitu sebagai media infor­masi, media pendidikan, media hiburan dan kontrol sosial. Oleh sebab itu, sebuah be­rita harus benar, menyajikan fakta dan data. Jika tidak, maka itu dinamakan sebagai hoax. Keakuratan berita sangatlah penting. Berita boleh tidak aktual, tetapi harus tetap akurat. Mi­salnya berita tentang dinosaurus di zaman purba, tidaklah aktual, tetapi tetap akurat dan menarik," ujarnya di depan belasan siswa SMK BK II .

        Bapak War Djamil,SH juga menambahkan tentang peranan pers sebagai kontrol so­sial, sebagai pilar keem­pat kebangsaan setelah Lembaga eksekutif, le­gislatif dan yudikatif. Se­buah media yang mengkritisi pemerin­tahan atau instansi bukanlah berarti media terse­but membenci yang dikritik, tetapi se­ba­gai sarana menjalankan perannya.

      Guru SMK yang men­dampingi para siswa menga­takan, selain me­ngunjungi dan mem­peroleh infor­masi mengenai pekerjaan pers dan jurnalistik, kegiatan ini juga untuk memotivasi semangat belajar siswa ter­kait fungsi dan peran insan pers.

       Ini merupakan kunjungan pertama bagi SMK Brigjend Katamso II ke Redaksi Harian Analisa. Banyak ilmu yang siswa dapatkan, me­nyang­kut peranan dan fungsi pers. Guru dan siswa dapat se­cara langsung melihat sistem kerja redak­si dalam hal penerbitan berita dan berta­nya secara langsung tentang hak tolak dan hak jawab dalam pemberitaan.

      Rombongan siswa juga diajak berkeliling me­lihat ruangan redaksi Harian Ana­lisa, me­nyak­sikan proses penerimaan berita dan foto dari kantor Berita Nasi­onal Antara dan Kantor Berita asing se­perti Reuters, AFP (Agence France-Presse) dan AP (Associated Press) yang dije­laskan oleh Bapak Abd Rahman Harahap.

       Siswa SMK BK II mengaku pengalaman tersebut sangat berharga karena  mereka mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang sistem ker­ja dalam  satu media informasi, mulai dari menyedia­kan berita hingga pemasaran dan juga mereka senang karena tidak ha­nya siswa SMK jurusan penyiaran saja yang dapat berkunjung ke Redaksi Harian Analisa, tetapi juga mencakupi para siswa-siswi dari jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dan Bisnis Manajemen.

Galery Foto : https://photos.app.goo.gl/BdPlXYnieqadEiCo1