Berita

Kunjungan Y.M. Neyphug Trulku IX

Horas

SALAM HORAS!!! Oleh Y.M. Neyphug Trulku IX sebagai ungkapan rasa gembira dan syukur serta pengharapan atas keselamatan dan berkat dari Tuhan YME, bersama-sama dengan civitas akademika Perguruan Nasional Brigjend Katamso


“HORAS !!”


Salam dari Medan yang diucapkan secara lantang oleh Y.M. Neyphug Trulku IX, seorang profesor filsafat dari Bhutan, sebagai ungkapan rasa gembira bisa berbagi dengan pelajar-pelajar SMA Sekolah Brigjend Katamso Medan, di Hall Sasana Budaya, pada Hari Kamis, tanggal 1 Maret 2018.


Beliau berbicara tentang 'GNH - Gross National Happiness' (Pendapatan Nasional Kebahagiaan): sebuah filosofi yang membimbing pemerintah negara Bhutan, untuk mengukur kebahagiaan dan kesejahteraan penduduk negaranya. Disini kebahagiaan penduduk Bhutan tidak diukur dari sukses materi belaka, tetapi dilihat secara holistik dengan menjaga keharmonisan antara alam dan manusia yang berpegang pada 4 pilar utama, yaitu :


1. Pembangunan sosio-ekonomi yang berkelanjutan dan merata.
2. Konservasi alam dan lingkungan.
3. Pelestarian dan promosi budaya.
4. Pemerintahan yang baik dan jujur.

 

Pengurus

Foto bersama dengan Pembina & Pengurus Yayasan Perguruan Nasional Brigjend Katamso


Sekilas tentang Y.M. Neyphug Trulku IX:


Setelah tamat sebagai Professor Filasafat Buddhis, Rinpoche banyak diundang untuk memberi ceramah, kelas dan penguatan moral di berbagai belahan dunia, beliau adalah guru yang popular oleh karena personalitasnya yang hangat, selera humor, welas-asih dan pengetahuannya yang luas.


Selain itu, Y.M. Neyphug Trulku IX juga terlibat dalam berbagai kegiatan/proyek sosial, antara lain mendirikan sekolah Neyphug Thegchen Tsemo, yang memberikan pendidikan gratis bagi anak-anak kurang mampu. Beliau adalah pekerja-keras, terkadang harus berjalan jauh (18 - 20 jam perjalanan) untuk menjemput anak-anak yatim piatu agar bisa bersekolah.

                                                                                 ________________________________________

 

School

School

Galery Foto Seminar : https://photos.app.goo.gl/R4PmlR4PQHsAImNc2