Berita

MEMPERINGATI HARI CUCI TANGAN PAKAI SABUN SE-DUNIA TINGKAT KOTA MEDAN

Medan tanggal 21 juli 2022,

Memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se-Dunia tingkat kota Medan, Kecamatan Medan – Marelan. Dimana acara dipilih bertempat di sekolah Brigjend Katamso 2 oleh aparatur Kecamatan. Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama antar aparatur pemerintahan yakni Kecamatan Medan - Marelan, PKK (pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga) Kota Medan dan Medan - Marelan,  Puskesmas Medan - Marelan. Peringatan seperti ini juga dilakukan secara serentak oleh seluruh Kecamatan yang ada di kota Medan. Kegiatan mensosialisasikan cara cuci tangan yg baik dan benar dengan memakai sabun akan berdampak positif kepada generasi muda, khususnya siswa – siswi sekolah tingkat dasar untuk menciptakan kebiasaan hidup sehat, bagi generasi muda dimasa depan.

Acara ini dihadiri Camat Medan Marelan Bapak Abu Kosim, S.Sos, M.A.P,  Ibu –Ibu  PKK Kota Medan, Kapolsek, Danramil dan Kepala Puskesmas wilayah Medan -  Marelan. Dalam kata sambutannya Bapak Abu Kosim, S.Sos, M.A.P selaku Camat Medan - Marelan mengingatkan agar membudayakan hidup bersih dan sehat pada anak-anak,  karena ancaman penyakit rentan menyerang anak-anak di usia dini. Oleh karena itu, perilaku hidup bersih dan sehat harus ditanamkan. Kegiatan cuci tangan pakai sabun ini dirancangkan oleh pemerintah untuk menggalakkan perilaku hidup sehat dimasyarakat yang mana kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun 2018 oleh  Pemko Medan dan terus berlanjut, terlebih lagi dengan adanya covid 19 maka program seperti ini sangat akan bermanfaat.

Bapak Abu Kosim, S.Sos, M.A.P,  Camat Medan - Marelan bersama Ibu - Ibu PKK mendemonstrasikan cuci tangan pakai sabun

Selanjutnya acara disambung dengan kata sambutan dari Ketua YPN Brigjend Katamso Bapak Andy Krishnaputra, B.A, M.B.A yang diwakili oleh Bapak Drs. Muhammad Ali, ujarnya pendidikan kesehatan seperti ini harus sering diadakan, untuk menumbuhkan kebiasaan hidup bersih dan sehat sedini mungkin kepada anak – anak, kegiatan ini sudah menjadi kampanye global yang dirancang PBB yang telah berlangsung sejak tahun 2008, dalam bentuk upaya pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia dimasa depan. Dalam kesempatan ini beliau juga menitipkan sebuah pantun untuk anak anak kita semua,

“Kota Marelan, dekat Belawan.

  Di Brigjend sekolah, juga berteman.

  Bersih di luar bersih di dalam.

  Bersih di tangan, bersih pula hati & pikiran”.

Acarapun ditutup dengan mendemonstrasikan cuci tangan pakai sabun yang benar. Semoga acara ini bisa memberikan  manfaat yang baik bagi peningkatan kesehatan kita semua terutama bagi anak anak usia dini.