Berita

PANEN UBI KAYU SD BRIGJEND KATAMSO II MARELAN

      Kegiatan penanaman ubi kayu adalah bagian dari program rutin yang dilakukan setiap tahunnya oleh siswa-siswi kelas VI sebagai wujud penerapan materi yang telah dipelajari di kelas. Jadi, walaupun siswa-siswi kelas VI sudah lulus, maka akan dilanjutkan penanamannya dengan siswa-siswi kelas VI yang berikutnya.

     Ubi kayu tersebut telah ditanam pada awal semester ganjil, yaitu tanggal 01 Agustus 2017. Sebelum mereka menanam ubi-ubi kayu tersebut, terlebih dahulu mereka diajarkan cara memilih bibit ubi kayu yang bagus, cara menanamnya, merawatnya, dan akhirnya memanennya.

     Disaat masa penanaman tiba, setiap siswa diberikan 2 batang ubi kayu untuk ditanam, sehingga jumlah seluruh ubi kayu adalah 60 batang. Semua batang ubi kayu diberi nama setiap siswa. Siswa dibagi menjadi 3 kelompok untuk merawat secara bergantian dalam seminggu. Usia panen singkong berkisar 6 sampai 12 bulan.

       Pada Sabtu, 13 Januari 2018, siswa-siswi  kelas VI SD Perguruan Nasional Brigjend Katamso II Medan akhirnya melakukan panen ubi kayu (singkong). Mereka merasa sangat senang karena mendapatkan hasil ubi kayu yang besar-besar sebanyak 65 kg.