Berita

Presentasi Dan Orientasi Untuk Guru Yang Berjudul "Menuju Sekolah Yang Menjunjung Nilai - Nilai Kemanusiaan"

Tanggal 18 Augustus 2018, Yayasan Perguruan Nasional Brigjend Katamso kembali menyelenggarakan kegiatan orientasi untuk para guru-guru dengan menghadirkan penggiat/praktisi Penguatan Pendidikan Karakter. Orientasi dengan topik “Menuju Sekolah Yang Menjunjung Nilai-Nilai Kemanusiaan” ini diisi oleh narasumber berkompeten di bidang pengembangan budi pekerti dari Values in Action dan juga dari Sekolah Nanyang Zhi Hui Modern Indonesian School (Ms. Novita Lestari, BECS, M.Ed.)

Dalam kesempatan ini kepsek/wakepsek beserta guru-guru dari sekolah Brigjend. Katamso dan Mayjend. Sutoyo yang akan membantu pelatihan-pelatihan PNK selanjutnya mendapatkan pemaparan tentang beberapa hal-hal dasar yang sangat penting untuk diresapi dan dilaksanakan baik oleh guru maupun oleh siswa/i kita, seperti :

  1. Tujuan menjadi guru bukan sekedar menambah ilmu bagi murid dan guru sendiri, tetapi jauh lebih luas dari pada itu; adalah untuk membangunkan karakter anak bangsa, agar mereka sadar dan dapat menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur dimanapun mereka berada.
  2. Mengajarkan dan membiasakan siswa/i kita untuk mengikuti tahapan-tahapan berikut dalam memecahkan suatu permasalahan : BERHENTI > BERPIKIR > MENGANALISA > BERTINDAK.
  3. Membuka wawasan guru dan membiasakan bahwa sebenarnya dengan persiapan yang baik dan cukup mudah, banyak sekali hal-hal yang dapat siswa/i kita pelajari disekolah, yang dapat memberi pemahaman secara menyeluruh (comprehension) terhadap topik-topik yang dibahas menggunakan proses INPUT > PROCESS > OUTPUT seperti contoh-contoh dibawah ini.

PNK_COMPREHENSION