Berita

SCIENCE FILM FESTIVAL DI BRIGJEND KATAMSO

Pada tanggal 1 & 2 Nopember 2017, siswa-siswi Perguruan Nasional Brigjend Katamso Medan (Unit SD, SMP & SMA), khususnya yang berada di Kampus Sunggal, berkesempatan untuk mengikuti kegiatan Science Film Festival (SFF), yaitu suatu event pendidikan yang bertujuan untuk mengkomunikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan cara yang mendidik dan sekaligus menghibur. Bentuk kegiatan SFF yang diselenggarakan adalah berupa pemutaran beberapa film pendek sains yang diselingi dengan eksperimen-eksperimen ilmu pengetahuan, yang berhubungan dengan tema SFF tahun 2017,yaitu ANTROPOSEN (Zaman Manusia).


Kegiatan ini terselenggara berkat kerja-sama dengan GOETHE INSTITUT Jakarta dan Alliance Française (AF) (Yayasan Kerjasama Indonesia Perancis) Medan. Film-film yang ditayangkan dalam SFF tersebut merupakan koleksi Film Sains terbaik dari sebanyak kurang-lebih 200 film yang diperlombakan pada tingkat internasional. 


Sekilas tentang Film dengan Tema ANTROPOSEN:

Selamat datang di Zaman Manusia – pertanian, perdagangan, transportasi, dan industri: Sepanjang kehadiran manusia, kita telah memanfaatkan dan mengubah lingkungan kita. Industrialisasi khususnya turut menyumbang pada timbulnya jejak perilaku manusia di Bumi—jejak yang khas dan kerap tak dapat lagi dihapus.

Saat ini, dampak jejak manusia begitu mendalam luas sehingga ilmuwan dan pembuat kebijakan kini mempertimbangkan kemungkinan bahwa segala perubahan yang disebabkan oleh manusia memang memengaruhi data geologis dalam jangka panjang—dan apakah kita nyatanya telah memasuki zaman geologi baru, yaitu Antroposen.

Melalui topik-topik pilihan seperti urbanisasi, mobilitas, alam, evolusi, makanan, dan interaksi manusia dengan mesin, Science Film Festival menjelajahi kehidupan manusia di masa lalu, masa kini, dan masa depan dari tahun 2017.
.