Berita

Seminar international bertajuk "Dynamic & Exciting Methodologies in Human Values Teaching Techniques – preserving content but transforming container." oleh Dato J. Jegadeesan

Era globalisasi telah memberikan banyak kenyamanan bagi kehidupan manusia seperti mudahnya komunikasi saat sekarang, begitu banyaknya jenis hiburan yang bisa dinikmati dan juga meningkatnya pendapatan per kapita sebuah bangsa. Namun seiring dengan semuanya itu, terdapat hal yang sangat penting untuk diperhatikan bersama yaitu merosotnya nilai-nilai kemanusiaan dalam diri setiap orang. Hal ini tercermin dari tingkah laku sebagain besar manusia yang jauh menyimpang dari ajaran nilai kehidupan yang ada dalam agama, tradisi dan nilai-nilai budaya. 

 

Yayasan Perguruan Nasional Brigjend Katamso, yang merupakan institusi pendidikan memiliki tanggung-jawab untuk membentuk karakter pelajar sehingga menjadi manusia yang berkarakter unggul. Untuk itu telah diselenggarakan seminar dengan judul “Dynamic & Exciting Methodologies in Human Values Teaching Techniques – preserving content but transforming container.”

 

Dalam seminar yang dilaksanakan pada tanggal 13 Januari 2016 ini dipaparkan tentang bagaimana membentuk karakter dengan metode yang dinamis dan menyenangkan bagi para peserta didik. Dalam penerapannya, menggunakan teknik pengajaran yang disesuaikan dengan usia serta psikologi peserta didik; sehingga nilai-nilai kemanusiaan tetap menjadi menu utama, namun disajikan dengan cara yang lebih berbeda. Pada intinya adalah bagaimana menumbuh-kembangkan nilai-nilai kemanusiaan dalam diri anak-anak, sebagai perisai dalam diri mereka untuk melawan berbagai bentuk pengaruh yang tidak baik dengan menggunakan pendekatan yang tepat dan sesuai. 

 

Seminar menghadirkan nara-sumber seorang pakar ekonomi dan sekaligus pemerhati pendidikan budi pekerti dari negeri jiran (Malaysia), yaitu Dato J.Jegathesan, berlangsung di Hall Sasana Budaya serta dihadiri oleh lebih dari 300 orang tenaga pendidik, baik dari internal sekolah Brigjend Katamso kampus Sunggal maupun Marelan, serta juga guru-guru dari Sekolah Nanyang Zhi Hui Medan serta observer dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi TRICOM.

jagath

Demontransi Penerapan PNK oleh Ibu J. Jagathesan

jagath

Foto Bersama Pendiri, Pembina dan Pengurus Yayasan bersama pembicara.

jagat

Peserta Seminar 

Foto-foto kegiatan: https://goo.gl/photos/c4m1bvZdVXzhBm6P9

Video Seminar : https://www.youtube.com/playlist?list=PL-HAwrmLhsHvSeoT-erS8-eyQuUqDqcfm