Berita

SHARING SESSION PRAKTISI FISIOTERAPI “PENGENALAN GANGGUAN POSTUR & FUNGSI GERAK PADA SISWA”

Pada Kamis, 26 Oktober 2023, di Aula Sasana Budaya Sai Ganesha Sekolah Brigjend Katamso Medan berlangsung sharing session oleh praktisi Fisioterapi, Bapak Johanes Surya Salim, B.Physio, M.Fis. Acara ini membahas "Pengenalan Gangguan Postur & Gangguan Fungsi Gerak pada Siswa."

Lebih dari 60 guru dan pimpinan unit sekolah di Brigjend Katamso-1 hadir untuk mendapatkan informasi yang berguna tentang gangguan postur yang sering dihadapi oleh anak-anak usia sekolah, terutama skoliosis, yaitu kelengkungan tulang belakang. Penyebab utama skoliosis antara lain adalah karena cara duduk yang salah saat belajar, dan insiden ini lebih sering terjadi pada anak perempuan (sekitar 85%). Skoliosis dapat berpotensi merugikan pertumbuhan anak di masa depan.

Guru-guru juga diajari cara mendeteksi skoliosis dengan tanda-tanda seperti tinggi pinggang yang tidak sejajar, tubuh yang condong ke salah satu sisi (kiri/kanan), bahu yang lebih tinggi, tulang belikat menonjol, nyeri punggung bawah, ketegangan otot, dan kekakuan punggung.

Selama sesi ini, Bapak Johanes Surya Salim juga berbagi pola kebiasaan duduk dan cara mengangkat tas sekolah yang bisa menyebabkan skoliosis, membantu guru dalam mengamati postur siswa-siswi mereka. Sesi tanya jawab juga dimanfaatkan oleh hadirin untuk mengetahui lebih lanjut berbagai persoalan yang selama ini ditemukan di lapangan, baik yang berkaitan secara langsung dengan aspek skoliosis maupun kesehatan siswa secara umum.

Bapak Johanes Surya Salim, selain sebagai dosen, adalah koordinator praktek Fisioterapi "JSS" di Medan. Beliau mengenyam pendidikan di Akademi Fisioterapi YIRM Jakarta, melanjutkan studi di Hogeschool Van Amsterdam, Belanda, dan meraih gelar pascasarjana di bidang Fisiologi Olahraga dengan spesialisasi Fisioterapi dari Universitas Udayana.