Berita

Seminar international “Menciptakan sekolah berbasis Nilai-Nilai Kemanusiaan” dalam memperingati HUT Brigjend Katamso ke-26

            Dalam rangka perayaan ulang tahun yang ke-26 pada Hari Sabtu, 16 April 2016, Yayasan Perguruan Nasional Brigjend Katamso mengadakan seminar international yang mengambil tema “Menciptakan sekolah berbasis Nilai-Nilai Kemanusiaan” dengan pembicara seorang motivator dan konsultan pendidikan dari Kanada, Mr. Abhimanyu Kaul. 

            Kegiatan ini diikuti oleh semua guru dari tingkat TK-SD-SMP-SMA-SMK Brigjend katamso I & II, mahasiswa dan dosen dari STIE Tricom, Sekolah Nanyang Zhi Hui dan juga dari para pemerhati pendidikan karakter. Jumlah total peserta adalah sebanyak 314 orang. Dalam sesi penyampaian materi, Abhimanyu kaul menjelaskan tentang kaidah dasar dalam membentuk sekolah berbasiskan pada nilai-nilai kemanusiaan dan juga memberikan workshop kepada guru-guru dalam menerapkan kaidah itu dalam praktek kegiatan. Abhimanyu Kaul mengatakan bahwa setiap orang harus mengetahui tujuan dari kehidupan ini. Jawaban dari pertanyaan ini adalah bahwa semua orang ingin mendapatkan kebahagiaan. Jika semua warga sekolah berbahagia maka kita bisa menciptakan kebahagiaan bagi yang lainnya. Sama halnya juga dalam menciptakan sekolah berbasis pada nilai-nilai kemanusiaan maka harus diawali dengan membentuk individu-individu yang memiliki nilai-nilai kemanusiaan. Setiap orang harus hidup berdasarkan pada jati dirinya sendiri. Adalah tidak mungkin bagi seseorang untuk mengajarkan tentang nilai-nilai kemanusiaan jika ia sendiri tidak memiliki nilai tersebut, sama halnya kita tidak bisa memberikan sesuatu yang tidak kita miliki. Menciptakan sekolah berbasis nilai kemanusiaan berarti bahwa semua orang dan kegiatan dari sekolah bernafaskan nilai-nilai kemanusiaan dan memberikan kebahagiaan.

            Dalam seminar ini terjadi komunikasi dua arah atau dialogis dimana Abhimanyu Kaul sebagai pembicara mengajak para peserta untuk ikut terlibat di dalam sesi ini dengan tanya jawab yang interaktif. Selain itu juga dengan diajukannya beberapa pertanyaan yang bersifat mendasar bagi para peserta telah membuat mereka melihat ke dalam diri mereka untuk bisa menemukan jawabannya. Semua peserta merasa gembira atas seminar ini dan semoga hal ini bisa membawa kebahagiaan bagi setiap orang dan pada akhirnya bisa membangun sebuah sekolah berbasis pada nilai-nilai kemanusiaan.

            Acara seminar diakhiri dengan penyerahan Pelakat Ucapan Terima Kasih kepada Pembicara oleh Ketua Yayasan Bapak Udayo Untarya W. dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng HUT YPNBK oleh Ketua Pembina Yayasan Bapak Usli Sarsi.

Abhi02

Interaksi Peserta Seminar

Abhi04

Salah satu group peserta seminar dalam Persiapan presentasi workshop.

Abhi05

Penampilan hasil workshop oleh guru-guru Brigjend Katamso dan guru-guru Nanyang Zhi Hui- Medan

Abhi06

Penyerahan Plakat ucapan terima kasih oleh Ketua Yayasan kepada Pembicara Seminar

Abhi03

Pemotongan Tumpeng Oleh Ketua Pembina Yayasan

Foto-foto Dukomentasi : Galeri Foto Seminar